Selasa, 17 November 2015

Makna Hari Pahlawan 10 November 1945

Bangsa Indonesia mengenal tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Mungkin banyak yang belum mengetahui kenapa pada tanggal 10 November tersebut ditetapkan sebagai Hari Pahlawan dan apa latar belakangnya.

Momentum perayaan ini tentunya bukan hanya sekedar hadiah, melainkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. 



Bila kita menengok sejarah masa lalu, perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah di bumi pertiwi ini, tidak bisa dibayar dalam bentuk apapun.Mereka rela bertempur mati-matian di medan perang, dan tak pernah gentar meski nyawa menjadi taruhannya. Maka dari itu, kita wajib menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka saat hari pahlawan 10 November ini.


Sejarah Pertempuran 10 November 1945 Surabaya

Yang melatarbelakangi tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan adalah peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda. 

Mantan pimpinan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indonesia (PRI) Sumarsono yang juga ikut ambil bagian dalam peperangan pada saat itu mengusulkan kepada Presiden Soekarno agar menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. 

Momentum peperangan di Surabaya tersebut menjadi legitimasi peran militer dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Sehingga nilai kepahlawanan tersemat dalam sebuah perjuangan melawan agresi militer. Dan untuk memobilisasi kepahlawanan secara militeristik, makanya 10 November dijadikan Hari Pahlawan.

Penyebab Pertempuran 10 November 1945

atar belakang terjadinya peperangan ini adalah karena adanya insiden hotel yamato surabaya. Dimana ketika itu orang-orang belanda di bawah pimpinan Mr. Ploegman mengibarkan bendera Merah Putih Biru yaitu bendera Belanda di atas hotel Yamato di Surabaya. Hal ini tentunya membuat kemarahan di hati masyarakat Surabaya tatkala itu. 

Karena hal ini dianggap telah menghina kedaulatan bangsa Indonesia dan juga kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan pada bulan Agustus tanggal 17 beberapa bulan yang lalu.

Sehingga hal ini membuat sebagian pemuda bertindak tegas dengan menaiki hotel yamato dan merobek berdera belanda warna birunya sehingga tinggal tersisa warna bendera bangsa Indonesia Merah Putih. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Oktober. Inilah yang memicu terjadi peristiwa bersejarah pertempuran 10 November tersebut. 

Hotel Yamato dulu dikenal dengan istilah Yamato Hoteru (bernama Oranje Hotel atau Hotel Oranye pada zaman kolonial, sekarang bernama Hotel Majapahit) di Jl. Tunjungan no. 65 Surabaya.

Kemudian meletuslah pertempuran pertama antara Indonesia melawan tentara Inggris pada 27 Oktober 1945. Serangan-serangan kecil itu ternyata dikemudian hari berubah menjadi serangan umum yang hampir membinasakan seluruh tentara Inggris, sebelum akhirnya Jenderal D.C. Hawthorn meminta bantuan Presiden Sukarno untuk meredakan situasi.



Kematian Jenderal Mallaby

Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya. 

Bentrokan-bentrokan bersenjata di Surabaya tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober 1945 sekitar pukul 20.30. Mobil Buick yang ditumpangi Brigadir Jenderal Mallaby berpapasan dengan sekelompok milisi Indonesia ketika akan melewati Jembatan Merah. 

Kesalahpahaman menyebabkan terjadinya tembak menembak yang berakhir dengan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby oleh tembakan pistol seorang pemuda Indonesia yang sampai sekarang tak diketahui identitasnya, dan terbakarnya mobil tersebut terkena ledakan granat yang menyebabkan jenazah Mallaby sulit dikenali. 

Kematian jenderal Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh untuk mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Pada tanggal 10 November 1945 subuh, pasukan Inggris melakukan aksi yang disebut Ricklef sebagai "pembersihan berdarah" di suluruh sudut kota. Serangan mengerikan itu dibalas dengan pertahanan rakyat yang galang oleh ribuan warga kota. 

Daripada mengikuti ultimatum meletakan senjata dan meninggalkan kota, arek Surabaya justru memilih tetap bertahan meskipun konsekuensi pilihan tersebut berarti adalah jatuhnya korban jiwa.

Pihak Inggris dalam waktu tiga hari telah berhasil merebut kota. Akan tetapi, pertempuran baru benar-benar reda setelah tiga minggu. Hal ini menandakan betapa gigihnya perlawanan arek Surabaya. Dari pertempuran itu, 6000 rakyat Indonesia gugur dan ribuan lainnya meninggalkan kota.

Hingga sekarang, peristiwa pertempuran Surabaya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan ini tidak hanya sekedar untuk mengajak seluruh rakyat Indonesia mengingat peristiwa heroik arek-arek Surabaya, tetapi juga merenungi kembali pengorbanan mereka kepada tanah air yang mereka cintai. 


Makna Arti Hari Pahlawan

Sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri. 

Bahkan bisa menjadi sebuah bangsa kelas teri, diremehkan oleh bangsa-bangsa lain. 

Karena itu, sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut pahlawan.Seorang Pahlawan akan menjadi sangat penting karena ia akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan

Mengapa tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan karena pada saat itu para pejuang kemerdekaan bangsa kita bertempur dengan gagah berani bermodalkan bambu runcing untuk melawan tentara Inggris di Surabaya. Padahal saat itu kita hanya mempunyai beberapa pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing.


Namun para pejuang kita tak pernah gentar untuk melawan penjajah. Kita masih ingat tokoh yang terkenal pada saat perjuangan itu yakni Bung Tomo yang mampu menyalakan semangat perjuangan rakyat lewat siaran-siarannya radionya. 

Setiap tahun kita mengenang akan berbagai macam jasa para pahlawan. Namun terasa, mutu peringatan itu menurun dari tahun ke tahun. Kita sudah makin tidak menghayati makna hari pahlawan. Peringatan yang kita lakukan sekarang cenderung bersifat hanya seremonial saja. 

Memang kita tidak ikut mengorbankan nyawa seperti para pejuang di Surabaya pada waktu itu.Tugas kita saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. Saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, rakyat telah mengorbankan nyawanya. 

Karena itulah kita merayakan Hari Pahlawan setiap 10 November. Akan tetapi kepahlawanan tidak hanya sekedar itu saja. Dalam mengisi kemerdekaan pun kita dituntut untuk menjadi pahlawan

Mari kita meniru semangat juang para pahlawan yang telah gugur dengan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia.




Referensi:
http://abufarras.blogspot.co.id/
http://www.patriotblog.net/
Baca selengkapnya

Cara Upload Video ke Youtube


Berbagi, adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang saat ini. Ya, kita akan dapat berbagi apapun, terutama melalui jaringan online. Sekarang ini, berbagi melalui media online bukan merupakan hal yang jarang untuk dilakukan. Kita akan dapat berbagi banyak hal secara online, mulai dari foto, musik, hingga video. Khusus untuk video, kita telah disediakan banyak situs berbagi video yang bisa kita kunjungi setiap waktu.


Satu yang populer tentu saja adalah YouTube. Situs yang menyediakan banyak video setiap harinya ini digunakan banyak orang sebagai ajang mengekspresikan diri, melalui karya-karya yang unik dan menarik.

Pada artikel ini saya ingin berbagi kepada teman-teman bagaimana caranya meng-upload sebuah video ke youtube. Pada dasarnya mengupload video ke youtube sangatlah mudah. Youtube merupakan layanan berbagi video terbesar yang dimiliki oleh Google. Dengan adanya Youtube ini, kita bisa berbagi video kepada orang banyak.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah meng-upload atau memasukan video ke youtube.

1. Pastikan kita sudah memiliki akun Google / Gmail. Jika belum memiliki nya kita bisa membuatnya di https://mail.google.com/

2. Jika sudah memiliki akun Google/Gmail, silahkan login menggunakan akun tersebut.

3. Jika sudah login, langsung saja buka situs Youtube pada 
link ini.

4. Setelah berada di halaman awal Youtube, klik Upload.



5. Kemudian pilih tombol merah untuk memilih video yang akan di upload.



6. Pilih filenya, kemudian klik open.



7. Setelah memilih video, maka proses upload akan dimulai.
Sambil menunggu proses upload, silahkan isi form title, description, dan tag.



8. Jika proses upload telah 100%, klik publish.



9. Kita akan diberi konfirmasi berupa link dari video tersebut. Klik link tersebut untuk melihat video yang kita upload tadi di youtube.






Video telah berhasil di upload ke youtube. Gimana, mudah bukan? Semoga artikel ini bisa membantu Anda. Semoga bermanfaat. :)






Referensi:
http://www.pintarkomputer.com/
http://www.plimbi.com/
Baca selengkapnya

Rabu, 21 Oktober 2015

Revolusi Mental (Sosial Media)

Revolusi (dari Bahasa latin revolution, yang berarti “berputar arah”) adalah perubahan fundamental (mendasar) dalam struktur kekuatan atau organisasi yang terjadi dalam periode waktu yang relative singkat. Kata kuncinya adalah perubahan dalam waktu singkat.

Aristoteles menggambarkan pada dasarnya ada 2 jenis revolusi yakni:
1. Perubahan sepenuhnya dari satu aturan ke yang lainnya
2. Modifikasi terhadap aturan yang ada.

Revolusi telah banyak dalam sejarah umat manusia dan bervariasi dalam berbagai metoda, durasi, dan ideology motivasi. Hasilnya telah terjadi perubahan besar dalam budaya, ekonomi, dan institusi sosio-politik.

Sedangkan Mental atau tepatnya Mentalitas adalah cara berpikir atau kemampuan untuk berpikir, belajar, dan merespons terhadap suatu situasi atau kondisi. Contohnya, Jika seseorang mengatakan anda mempunyai mentalitas anak TK, maka itu boleh saja kalau anda memang murid TK, tetapi jika anda seorang Mahasiswa itu berarti anda di anggap tidak dewasa.

Jelas bahwa kata asal Mentalitas adalah mental, yang berarti ‘pikiran’, bagaimana pikiran anda bekerja itulah mentalitas anda, yaitu cara anda berpikir tentang sesuatu. Cara berpikir (mentalitas) dibentuk dari pengalaman, hasil belajar, atau pengaruh lingkungan. Contohnya, anda mungkin memiliki mentalitas kompetitif (berebutan) kalau ada makanan, karena di keluarga anda, saat makan anda harus berbagi dengan 9 saudara.

Jadi, Revolusi Mental dapat diartikan dengan perubahan yang relative cepat dalam cara berpikir kita dalam merespon, bertindak dan bekerja.


Kita sekarang telah hidup di Era Informasi, segala informasi di dunia ini kita bisa dapatkan melalui media seperti internet dan social media, Perkembangan social media yang sangat cepat saat ini mengakibatkan perubahan paradigma dan mentalitas masyarakat contohnya, bila biasanya sebelum makan kita membaca doa terlebih dahulu tetapi sekarang akibat dampak social media mereka mengupdate status mereka di social media sebelum makan, untuk menunjukan aktifitas mereka agar diketahui oleh orang lain. Mereka tidak kalau sering mengupdate aktifitas kita secara rutin orang yang akan berbuat jahat seperti penculikan bisa sangat mudah melakukan aksinya. Mentalitas seperti ini lah yang harus di ubah, kita boleh mengikuti perkembangan zaman dan teknologi tapi kita juga harus bisa memilih yang baik dan yang buruk, dan jangan sampai tenggelam ke dalam perkembangan zaman.




Referensi: http://revo-mental.blogspot.co.id/
Baca selengkapnya

Minggu, 18 Oktober 2015

Internet & New media (Youtube)

Internet & New media (Youtube)

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

FITUR-FITUR YOUTUBE
Youtube memiliki menu-menu pada tampilan awal yaitu:
·         Home
·         My Channel
·         Subscriptions
·         History
·         Watch Later

Home: menu tampilan awal yang berisi kumpulan video yang sering di tonton pengguna.
My Channel: menu yang berisi video-video dari Channel yang kita buat di youtube, caranya kita harus mendaftar akun youtube terlebih dahulu, setelah terdaftar barulah kita bisa membuat Channel kita sendiri.
Subscriptions: berisi video-video yang kita pernah Subscribe/berlanggangan, di menu ini bila kita pernah berlangganan video dari channel tertentu kita akan selalu mendapatkan update/pembaruan video terbaru dari channel tersebut.
Watch Later: berisi video-video yang belum sempat selesai kita tonton atau tertunda.

Youtube juga menyediakan fitur FILTER untuk memudah kan kita mencari video yang kita inginkan,
Di dalam fitur FILTER terdapat beberapa menu yaitu:
Upload date: menyaring video berdasarkan waktu mengupload/mengunggah, di fitur ini tersedia beberapa pilihan yaitu, Last hour, Today, This week, This month, This year.
Type: menyaring video berdasarkan tipe video, di fitur ini tersedia beberapa pilihan yaitu, Video, Channel, Playlist, Movie, Show.
Duration: menyaring video berdasarkan durasinya, di fitur ini hanya tersedia 2 pilihan yaitu, Short ( < 4 minutes ) dan Long ( > 20 minutes )
Features: menyaring video berdasarkan fitur yang tersedia di dalam video tersebut
Sort by Relevance: menyaring video berdasarkan relevansi seperti berdasarkan waktu upload, jumlah penonton, dan rating video tersebut

MANFAAT YOUTUBE
Youtube memiliki banyak manfaat antara lain di bidang pendidikan, bisnis, olahraga, hiburan dll.
Pendidikan: Youtube bisa menjadi sarana untuk pendidikan seperti membuat video tutorial cara membuat database, tutorial java, tutorial C++ dll. Dengan melihat video kita bisa tau dengan detail langkah-langkah tersebut.
Bisnis: Youtube juga bisa menjadi sarana untuk berbisnis seperti menawarkan produk lewat video yang menarik yang memancing para pengguna youtube untuk menonton video tersebut. Atau bisa juga dengan cara mengiklan kan produk kita ke dalam video yang mempunyai penonton terbanyak agar produk kita di kenal oleh orang.
Olahraga: di Youtube juga banyak cara-cara berolahraga yang baik dan benar atau hanya sekedar video olahraga dari atlit-atlit professional.
Hiburan: mungkin ini lah yang menjadi daya Tarik utama Youtube yaitu sebagai media hiburan, anda bisa menemukan jutaan video yang anda sukai sebagai pelepas penat kesibukan sehari-hari seperti video lucu dan sebagainya.


Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
Baca selengkapnya

Minggu, 15 Maret 2015

Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS


1.1
Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
Pengertian Ilmu Sosial Dasar:
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-lapangan sosial, seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang cara manusia berkomunikasi/berhubungan dengan satu sama lain. Sebagai mahkluk sosial, berkomunikasi/berhubungan antar sesama haruslah terjalin dengan harmonis agar tercipta manusia yang peduli terhadap sesama.
Maka dari itu pelajaran ilmu sosial dasar diberikan kepada mahasiswa sebagai suatu bahan program studi atau mata kuliah umum. Mata kuliah umum sosial dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya .

pengertian Ilmu sosial dasar menurut para ahli, diantaranya yaitu:
A. LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.

B. KEITH JACOBS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas
C. RUTH AYLETT
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi

D. PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama

E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia

F. ENDA M. C
Ilmu Sosial Dasar adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan

G. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya

H. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan

I. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu

Ilmu Pengetahuan Sosial :
IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.

Untuk memperoleh gambaran yang lebih luas tentang IPS, maka penting untuk dikemukakan beberapa pengertian social studies dan IPS menurut para ahli.

  • Somantri (Sapriya:2008:9) menyatakan IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan. 
  • Mulyono Tj. (1980:8) berpendapat bahwa IPS adalah suatu pendekatan interdisipliner (inter-disciplinary approach) dari pelajaran ilmu-ilmu soial, seperti sosiologi antropologi budaya, psikologi sosial,sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan sebagainya. 
  • Saidiharjo (1996:4)  menyatakan bahwa IPS merupakan kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti:geografi, ekonomi, sejarah,sosiologi,politik 
  • Moeljono Cokrodikardjo mengemukakan bahwa IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari. 
  • Nu’man Soemantri menyatakan bahwa IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan mengandung arti:

o   menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan,
o   mempertautkan dan memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna.

  • S. Nasution mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai subjek sejarah,ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial. 
  • Tim IKIP Surabaya mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati, mempelajari, mengolah, dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human relationship hingga benarbenar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya. Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang telah terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah sekolah. 
  • Edgar B Wesley menyatakan bahwa social studies are the social sciences simplified for paedagogieal purposes in school. The social studies consist of geografy history, economic, sociology, civics and various combination of these subjects. 
  • John Jarolimek mengemukakan bahwa The social studies as a part of elementary school curriculum draw subject-matter content from the social science, history, sociology, political science, social psychology, philosophy, antropology, and economic. The social studies have been defined as “ those portion of the social science... selected for instructional purposes”




Tujuan
Tujuan Ilmu Sosial Dasar:
a. Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.

b. Tujuan khusus:
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3.  Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
  4.  Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.


Tujuan Ilmu Pengeahuan Sosial:
Sama halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran
pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS. Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.
Sub bahasan ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS. Tujuan kurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:
  1.  membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat;
  2. membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat;
  3. membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian;
  4.  membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan keterampilan terhadap lingkungan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan; dan
  5.  membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembagan kehidupan, perkembangan masyarakat, dan perkembangan ilmu dan teknologi.


Kelima tujuan di atas harus dicapai dalam pelaksanaan kurikulum IPS di berbagai lembaga pendidikan dengan keluasan, kedalaman dan bobot yang sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan yang dilaksanakan.


Kelompok Ilmu Pengetahuan
Untuk menjawab dan memecahkan berbagai persoalan yang ada dalam kehidupan maka lahirlah berbagai macam ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber ilmu filsafat yang di anggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan di kelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu :

  1. Ilmu-ilmu Alamiah (natural science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
  2. Ilmu-ilmu sosial (social science). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
  3. Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.






1.2
Perbedaan dan Persamaan ISD dan IPS
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai perbedaan dan persamaan
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
  3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.


Adapun persamaan antara keduanya adalah :
  1.  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
  2.  Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3.  Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.






1.3
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataankenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep "keanekaragaman" dan kosep "Kesatuan sosial". Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat :
  • Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
  • Persamaan dan perbedaan kepentingan.


Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan/konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
Berdasarkan bahan kajian seperti yang disebut di atas, dapat dijabarkan lebih lanjut ke dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk dapat di operasionalkan.
Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
  1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
  3.  Masalah pemuda dan sosialisasi.
  4.  Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
  5.  Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
  6.  Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
  7.  Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
  8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

Baca selengkapnya

Rabu, 21 Januari 2015

Sertifikat Seminar GMC



Seminar yang diselenggarai oleh BEM FTI Universitas Gunadarma diberi nama GMC(Gunadarma Music Clinic). Acara ini membahas seputar lagu – lagu,band-band atau tentang industri music non mainstream. Seminar ini dibawa oleh sang moderator kiki aulia ucup yang sudah pernah mengisi GMC tahun kemarin dan pengisi acara yaitu adhi djimar dari ICEMA(Indonesia Cutting Edge Music Award). Tentang ICEMA itu sendiri, ICEMA merupakan award atau apresiasi kepada pemusik yang memiliki intelektual dalam karya musik namun tidak terlalu disorot oleh media, karna media pun sendiri mengikuti tren di Indonesia seperti halnya dangdut,pop melayu dll .Ketika ICEMA pertama kali dilangsungkan pada tahun 2010, ada sebuah kategori yang banyak menarik perhatian khalayak banyak, yaitu Best New Comer (BNC).

Ketika itu lebih 300 musisi dan band yang mendaftarkan karyanya di kategori tersebut. Pada malam penghargaan ICEMA 2010, akhirnya terpilih 9 pemenang BNC, yaitu Monkey To Millionaire, King Of Panda, Monday Math Class, Angsa & Serigala, Stereo Conspiracy, Windi Marieta & Friends, Murasaki, Waza, Lipstik Lipsing dan Stereocase.Di penyelenggaran ICEMA 2012 kali ini, kategori BNC berubah nama menjadi Favorite New Comer (FNC). Kategori ini dibuka untuk musisi (band atau solo) yang telah memiliki karya original tapi belum pernah merilis materi mereka tersebut. Ada pun cara untuk mengikuti kategori FNC ini adalah Kunjungi www.icema.co.id

Musik Indonesia pun sangat kuat karya di bagian asia tenggara. Dalam perkembangan zaman sekarang, industri musik sudah bisa dijadikan lahan bisnis dan mendukung hampir semua aspek ilmu.


Baca selengkapnya

Jumat, 16 Januari 2015

20 Soal Ilmu Sosial Dasar

20 Soal Ilmu Sosial Dasar

1.      Ada tiga factor utama demografi yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, kecuali..
A.   Kematian
B.   Kelahiran
C.   Migrasi
D.   Budaya
Jawaban: D

2.      Kebijakan negara yang mewajibkan perpindahan sekelompok penduduk pindah dari kawasan tertentu, terutama dengan alasan etnisitas atau agama.adalah istilah dari? 
A.     Transfer Penduduk
B.     Sensus Pendudk
C.     Simulasi Penduduk
D.     Ledakan Penduduk
Jawaban: A

3.      Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.Adalah definisi masyarakat menurut ahli yg bernama. 
A.    Karl Marx
B.     Selo Sumardjan
C.     Emile Durkeim
D.    Paul B.Horton
Jawaban: B

4.      Dampak negative dari kebudayaan barat adalah…        
A. Kemajuan teknologi informasi
B. Pekerja keras
C. Masyarakat cenderung individualisme
D. Perubahan pola pikir dan sikap yang baik
Jawaban: C

5.   Secara hukum pemuda adalah manusia yang berusia?
A. 3 - 5 tahun
B.  5 - 10 tahun
C.  15 - 21 tahun
D. 30 - 50 tahun
Jawaban : C
6.   Masa manusia yang berumur 0 - 12 tahun adalah..
         A.    Masa Puber
         B.    Masa Anak
         C.    Masa Pemuda
         D.    Masa Dewasa
Jawaban : B

7.   Manusia pada umumnya menuntut ilmu di perguruan tinggi pada  umur?
        A.    6 - 12 tahun
        B.    12 - 15 tahun
        C.    15 - 17 tahun
        D.    18 - 25 tahun
Jawaban : D

8.  Sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan  aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat adalah pengertian dari?
        A.    Generalisasi
        B.    Harmonisasi
        C.    Sosialisasi
        D.    Penanaman nilai
Jawaban : C

9.   Media sosialisasi untuk anak - anak adalah, kecuali..
        A.    Orang Tua
        B.    Teman Sekolah
        C.    Teman Bermain
        D.    Mainan
Jawaban : D

10.  Tujuan adanya sosialisasi adalah, kecuali..
        A.    Agar individu dapat mendapatkan ilmu pengetahuan
        B.    Agar individu tersebut dapat Berkomunikasi secara efektif
        C.    Dapat mengendalikan diri
        D.    Menjadi lebih buruk
Jawaban : D

11. Suatu sistem yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun adalah pengertian dari..
       A.    Teknologi Komunikasi
       B.    Teknologi Informasi
       C.    Teknologi INdustri
       D.    Bioteknologi
Jawaban : A

12.  Ruang lingkup agama adalah..
       A.    Hubungan manusia dengan tuhannya
       B.    Hubungan manusia dengan manusia lainnya
       C.    Hubungan manusia dengan makhlup hidup lain dan  lingkungannya
       D.    Semua benar
Jawaban : D

13.  Tiga aspek yang biasa di diskusikan dalam menentukan fungsi agama  adalah..
       A.    Kebudayaan
       B.    Sistem sosial
       C.    Kepribadian
       D.    Semua benar
Jawaban : D

14.  Memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat adalah pengertian dari..
       A.    Fungsi Agama terhadap pemeliharaan masyarakat
       B.    Fungsi agama dalam pengukuhan nilai-nilai
       C.    Fungsi agama di sosial
       D.    Fungsi agama sebagai sosialisasi individu
Jawaban : A
15.  Fungsi penentu, di mana agama menciptakan suatu ikatan bersama  baik antara anggota-anggota beberapa masyarakat maupun dalam  kewajiban - kewajiban sosial yang mempersatukan mereka adalah  pengertian dari ..
       A.    Fungsi Agama terhadap pemeliharaan masyarakat
       B.    Fungsi agama dalam pengukuhan nilai-nilai
       C.    Fungsi agama di sosial
       D.    Fungsi agama sebagai sosialisasi individu
Jawaban : C
16.  Contoh penerapan agama dalam kehidupan sehari-hari adalah..
       A.    Mencuri
       B.    Berbohong
       C.    Beribadah
       D.    Berkelahi
Jawaban : C

17.  Pada umumnya IPTEK adalah singkatan dari..
       A.    Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi
       B.     Iklan, Perusahaan dan Teknik
       C.     Ilmu, Perencanaan dan Teknologi
       D.    Ilmu, Pendidikan dan Teknik
Jawaban : A

18.  Ilmu memiliki kandungan unsur-unsur sebagai berikut, kecuali..
       A.    Pengetahuan
       B.    Tersusun secara sistematis
       C.    Bawaan lahir
       D.    Menggunakan penalaran
Jawaban : C

19.  Seni berasal dari bahasa latin yaitu..
       A.    Art
       B.     Ars
       C.     Aro
       D.    Seni
Jawaban : B

20.  Ilmu yang teratur dan dapat di uji kebenerannya adalah pengertian  dari..
       A.    Sosial
       B.     Seni
       C.     Olahraga
       D.    Sains

Jawaban : D
Baca selengkapnya