Skripsi
Judul Skripsi:
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA PD. ZAINAL JAYA DESIGN
Identitas Penulis Skripsi:
Nama : Hani Kusumawati
NPM : 20207511
Jurusan : Akuntansi
Abstrak Skripsi:
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan pada PD. Zainal Jaya Design yang masihmenggunakan sistem manual tas transaksi penjualan kreditnya. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kelemahan dalam sisteminformasi akuntansi penjualan kredit pada PD. Zainal Jaya Design dan untukmemberikan alternatif perancangan sistem informasi akuntansi penjualan kredit padaPD. Zainal Jaya Design. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptifkualitatif yang berupa penelitian studi kasus dengan menggunakan data kualitatif dariinternal perusahaan. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi analisis sistem,yang kemudian dilanjutkan ke tahap desain konseptual dan desain fisik. Berdasarkanhasil penelitian penulis menemukan bahwa sistem penjualan kredit yang dijalankanperusahaan masih memiliki kekurangan dan kelemahan dalam hal pemisahan fungsi,prosedur penjualan kredit yang dilakukan, dokumen yang digunakan, pencatatantransaksi penjualan kredit, serta laporan yang dihasilkan. Selanjutnya penulismerancang sistem informasi akuntansi penjualan kredit yang mampu mengatasikelemahan dan kekurangan tersebut. Perancangan ini meliputi desain konseptual dandesain fisik, tetapi sebatas desain output dan desain database.
Tesis
Judul Tesis:
FUZZY INFERENCE SYSTEM UNTUK MEMPREDIKSI RETURN SAHAM
Identitas Penulis Tesis:
Nama : Hani Kusumawati
NPM : 92111010
Abstrak Tesis:
Abstrak
Manajemen harus dapat memanfaatkan sumber dana perusahaan secara efektif.Salah satu inisiatif yang dapat diambil yaitu dengan melakukan investasi di pasarmodal. Investasi saham merupakan salah satu alternatif investasi yang menarik dipasar modal. Proses pengambilan keputusan investasi saham pada perusahaansangat penting. Dalam membahas tentang keputusan investasi saham mana yangsebaiknya dilakukan maka diperlukan analisis data yang baik dan didukung olehpenggunaan teori pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prediksi return saham perusahaanpertambangan yang tergolong LQ45 tahun 2010-2012 menggunakan pendekatanLogika Fuzzy dengan mempertimbangkan faktor fundamental, Indeks HargaSaham Gabungan (IHSG), dan ekonomi makro. Sampel dalam penelitian iniadalah perusahaan pertambangan yang tergolong LQ45 tahun 2010-2012 di BursaEfek Indonesia (BEI) yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Alatanalisis yang digunakan adalah Fuzzy Inference System (FIS) metode Mandanidengan menggunakan Fuzzy Logic Toolbox Matlab.Dari hasil analisis menggunakan Fuzzy Inference System (FIS) metodeMandani dengan menggunakan Fuzzy Logic Toolbox Matlab didapat prediksireturn saham perusahaan pertambangan yang tergolong LQ45 tahun 2010-2012untuk digunakan investor sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusaninvestasi saham yang cepat dan tepat.
Disertasi
Judul Disertasi:
PENGEMBANGAN MODEL PENYELENGGARAAN WORK-BASED LEARNING PADA PENDIDIKAN VOKASI DIPLOMA III OTOMOTIF
Identitas Penulis Disertasi:
Nama : Budi Tri Siswanto
NIM : 07702261028
Abstrak Disertasi:
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan model penyelenggaraan work-based learningpada pendidikan vokasi program Diploma III Otomotif yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar; (2) mengetahui luaran (output) penye-lenggaraan work-based learning dengan model yang dikembangkan; (3) mengetahui respon pengelola program dan manajemen perusahaan terhadap model pengembangan tersebut; dan (4) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hasil belajar WBL.Penelitian R&D dan eksperimen ini dilaksanakan pada program studi Diploma III Otomotif. Penelitian dilakukan di pusdiklat/training center pada berbagai APM (Agen Pemegang Merek) Otomotif di Jakarta, Karawang, Tangerang, Bekasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Diploma III program studi Teknik Otomotif yang melaksanakan program pengalaman lapangan/praktik industri di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dua kelompok mahasiswa sebagai sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa ditentukan dengan teknik purposive sampling yang meliputi 3 PTN dan 3 PTS di DIY dan Jawa Tengah. Eksperimen dilaksanakan di lokasi pusdiklat/training center APM Jakarta, Karawang, Tangerang, Bekasi pada Juli – Oktober 2010 dengan rancangan faktorial 2 x 1. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis Validasi isi dilakukan dengan expert judgement. Validasi konstruk dilakukan dengan analisis faktor dan reliabilitas butir ditentukan dengan formula Alpha Cronbach dan KR-20. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, korelasi, regresi, jalur, dan uji-t menggunakan bantuan program komputer SPSS.17. Uji kecocokan model dengan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program LISREL 8.80, taraf signifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model WBL Rolling Terpadu cocok digunakan dalam penyelenggaraan program work-based learning Diploma III Otomotif untuk meningkatkan kualitas hasil belajar; (2) luaran (output) dari model WBL Rolling Terpadu yaitu: pengetahuan mekanik otomotif, sikap profesional, kesiapan mental kerja, dan kualitas pembelajaran WBL. WBL Rolling Terpadu dapat dikembangkan sebagai alternatif penyelenggaraan program praktik pengalaman industri pada Diploma III Otomotif.
Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi
Pengertian dan Perbedaan Antara Skripsi, Tesis, dan Disertasi:
1.SKRIPSI
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan atau studikepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhirdalam studi formalnya di Fakultas.2.
Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan atau studikepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhirdalam studi formalnya di Fakultas.2.
2. TESIS
Tesis adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikanProgram Magister (S2). Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalampenelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam Ilmu Pendidikan.3.
Tesis adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikanProgram Magister (S2). Tesis merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalampenelitian dan pengembangan ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam Ilmu Pendidikan.3.
3. DISERTASI
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalammenyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yangbersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalamsalah satu disiplin Ilmu Pendidikan.
Disertasi adalah karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalammenyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yangbersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalamsalah satu disiplin Ilmu Pendidikan.
PERBEDAAN SKRIPSI, TESIS DAN DISERTASI
Secara umum, perbedaan antara skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari duaaspek, yaitu aspek kuantitatif dan aspek kualitatif. Dari aspek kuantitatif, secara literal dapatdikatakan bahwa disertasi lebih berat bobot akademisnya daripada tesis dan tesis lebih beratbobot akademisnya dari pada skripsi. Ketentuan ini hanya dapat diberlakukan untuk jeniskarya ilmiah yang sama (sama-sama hasil penelitian kuantitatif atau sama-sama hasilpenelitian kualitatif) dan dalam bidang studi yang sama pula (misalnya sama-sama tentangekonomi). Artinya, disertasi mencakup bahasan yang lebih luas daripada tesis, dan tesismencakup bahasan yang lebih luas atau lebih dalam daripada skripsi. Namun ukurankuantitas ini tidak dapat diberlakukan jika skripsi, tesis, dan disertasi dibanding-bandingkanantar bidang studi atau antar jenis penelitian. Oleh karena itu perbedaan skripsi, tesis, dandisertasi biasanya tidak hanya dilihat dari aspek kuantitatif, tetapi lebih banyak dilihat dariaspek kualitatif.Pada dasarnya, aspek-aspek kualitatif yang membedakan skripsi, tesis, dan disertasidapat dikemukakan secara konseptual, namun sulit untuk dikemukakan secara operasional.Berikut dikemukakan aspek-aspek yang dapat membedakan skripsi, tesis, dan disertasi,terutama yang merupakan hasil penelitian kuantitatif
Secara umum, perbedaan antara skripsi, tesis, dan disertasi dapat dilihat dari duaaspek, yaitu aspek kuantitatif dan aspek kualitatif. Dari aspek kuantitatif, secara literal dapatdikatakan bahwa disertasi lebih berat bobot akademisnya daripada tesis dan tesis lebih beratbobot akademisnya dari pada skripsi. Ketentuan ini hanya dapat diberlakukan untuk jeniskarya ilmiah yang sama (sama-sama hasil penelitian kuantitatif atau sama-sama hasilpenelitian kualitatif) dan dalam bidang studi yang sama pula (misalnya sama-sama tentangekonomi). Artinya, disertasi mencakup bahasan yang lebih luas daripada tesis, dan tesismencakup bahasan yang lebih luas atau lebih dalam daripada skripsi. Namun ukurankuantitas ini tidak dapat diberlakukan jika skripsi, tesis, dan disertasi dibanding-bandingkanantar bidang studi atau antar jenis penelitian. Oleh karena itu perbedaan skripsi, tesis, dandisertasi biasanya tidak hanya dilihat dari aspek kuantitatif, tetapi lebih banyak dilihat dariaspek kualitatif.Pada dasarnya, aspek-aspek kualitatif yang membedakan skripsi, tesis, dan disertasidapat dikemukakan secara konseptual, namun sulit untuk dikemukakan secara operasional.Berikut dikemukakan aspek-aspek yang dapat membedakan skripsi, tesis, dan disertasi,terutama yang merupakan hasil penelitian kuantitatif
Sumber:
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=456556224380774&id=435894869780243
Bagikan
Tugas Bahasa Indonesia (Skripsi, Tesis, Disertasi)
4/
5
Oleh
Unknown