Jumat, 01 April 2016

RISET WEB (BUKALAPAK.COM)


Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesoris gawai, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak memeliki beberapa fitur seperti
                 Notifikasi SMS setiap ada pesanan
o   Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
                 Feedback positif setiap transaksi sukses
o   Penjual akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
                 Kepastian menerima uang pembayaran
o   Penjual langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
                 Prioritas di mesin pencarian
o   Setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
                 Perhitungan ongkos kirim otomatis
o   Penjual tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli

Kelebihan BukaLapak.com
            1. Mendapatkan Notifikasi Pesan
            Apa Anda sering mengalami sebagai orang yang gagal memesan karena memang tidak serius? Sudah tidak jamannya lagi sekarang. Kini, Anda hanya perlu fokus kepada orang yang memesan barang Anda. Nah, perusahaan E-  Commerce yang berdiri sejak tahun 2011 ini menghadirkan konsep transaksi sederhana yaitu dengan memberitahu kepada Penjual jika terjadi transaksi ataupun penjualan di lapak Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus kepada pembeli yang serius.
Mengapa demikian? Karena selain konsep yang sederhana, yaitu sebagai wadah para Penjual online untuk berjualan, melalui situs ini juga semua yang   benda berjualan diajak untuk lebih serius. Salah satunya adalah ketika Pembeli melakukan transaksi kemudian produk yang diinginkan habis maka uang yang lebih dulu di kirim akan aman dan bisa diambil mengingat perusahaan ini menerapkan rekening bersama guna dimanfaatkan oleh para Penjual dan Pembeli.
            2. Pasti Menerima Uang dan Testimoni Positif
            Anda takut Pembeli Anda menipu? Tidak perlu khawatir, sistem pembayaran yang digunakan Bukalapak sangat aman. Karena pembeli akan mentransfer uang terlebih dahulu sebelum Anda mengirim barangnya. Jika Anda sudah mengirim barangnya, Anda bisa menerima uang dari Bukalapak.com sejumlah harga yang Anda pasang.
Tidak perlu khawatir jika pembeli Anda tidak memberikan testimoni kepada Anda. Karena jika pembeli tidak mau memberikan testimoni, maka sistem akan otomatis memberikan feedback positif kepada lapak Anda.
            3. Ongkos Kirim Otomatis
            Anda tidak perlu khawatir salah memberikan ongkos kirim kepada pembeli. Karena sistem akan berjalan secara otomatis memberikan atau menghitung ongkos kirim kepada pembeli. Meski begitu, perlu diperhatikan lokasi Anda, karena penghitungan harga ongkos kirim tergantung dari jarak lokasi daerahnya dengan gudang penyimpanan barang.
            4. Prioritas di Mesin Pencari
            Lapak yang telah Anda buka akan dioptimasi dengan SEO secara otomatis, tujuannya adalah agar dapat lebih unggul dari yang lainnya meski memiliki produk jualan yang sama namun posisi pencarian di mesin pencari google lebih unggul Anda yang telah membuka toko di perusahaan ini.

FITUR BARU
                 Balas Pesan Langsung Lewat Email
o   Walau untuk bertransaksi di Bukalapak.com para pembeli bisa langsung klik tombol ‘beli‘ tanpa harus menghubungi penjual, namun pembeli tetap dapat berkomunikasi dengan penjual melalui fitur ‘Kirim Pesan‘ (private message). Agar pembeli dan penjual semakin mudah dalam berkomunikasi, Bukalapak.com meluncurkan fitur baru sehingga pengguna dapat membalas private message langsung dari notifikasi email yang diterima. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat lebih cepat membalas pesan dari pengguna lain langsung dari inbox email tanpa perlu login ke Bukalapak.com
                 Tutup Lapak Sementara Bagi Penjual
o   Ada kalanya kita sebagai penjual tidak dapat melayani transaksi pada waktu tertentu misalnya saat hari besar keagamaan atau karena alasan lainnya. Untuk mengakomodir kebutuhan penjual tersebut maka Bukalapak menciptakan fitur baru memfasilitasi penjual yang ingin menutup lapaknya sementara waktu.

                 Perhitungan Asuransi Otomatis untuk Pengiriman JNE
o   Bukan hanya tak perlu menghitung ongkos kirim, kini berjualan di Bukalapak.com tak perlu menghitung biaya asuransi pengiriman jika menggunakan JNE. Pembeli dapat memilih menggunakan asuransi pengiriman dengan mencentang pilihannya di halaman Shopping Review. Dan sistem akan otomatis menambahkan biaya asuransi JNE dengan perhitungan: ((0,2% x Harga Barang) + biaya administrasi Rp 5.000) ke dalam total pembayaran.

                 Buka Dompet – Dompet Virtual Anda
o   BukaDompet adalah sebuah dompet virtual (e-wallet) yang dimiliki setiap pengguna Bukalapak guna menyimpan dana hasil penjualan (remit) dan dana hasil pengembalian (refund) transaksi.

                 BL Widget
o   BL Widget adalah sebuah aplikasi pembuat media digital yang dipasang di website, blog, atau forum untuk menampilkan informasi profil penjual, reputasi transaksi, dan beberapa barang. BL Widget tersedia dalam lima jenis dimensi dengan kombinasi empat warna tema yang dapat disesuaikan. BL Widget dapat ditemukan di daftar menu MyLapak atau di atas menu Pengaturan.



Referensi:
https://blog.bukalapak.com/tag/fitur-baru/
https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
http://dgroundrevolution.blogspot.co.id/2015/02/analisa-e-commerce-tokobagus-tokopedia.html



Bagikan

Jangan lewatkan

RISET WEB (BUKALAPAK.COM)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.